Jumat, 11 Maret 2011

Krisis Moral Remaja Masa Kini

Oleh: Ahmad Syaiful Huda

Masa remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju kedewasaan dan disitulah masa  dimana sering kali jiwa seseorang sangat labil dan gemar meniru suatu tren atau pola hidup seseorang. Islam, Dalam kaitan ini  adalah agama yang ajaranya sangat kompleks dalam mengatur kehidupan setiap pemeluknya, termasuk remaja. Islam tidak hanya mengajarkan kita tentang kewajiban akan shalat, puasa ramadhan, dll yang bersifat ritualitas saja, akan tetapi juga mengajarkan bagaimana kita menjalani kehidupan sehari-hari ssesuai dengan syari’at islam yang telah  dibawa oleh baginda kita nabi Muhammad S.a.w. 
Tata pola kehidupan yang indah sebetulnya telah diatur di dalam syari’at Islam. Bagaimana selayaknya seorang anak terhadap orang tua, bagaimana selayaknya seorang siswa kepada guru, bagaimana selayaknya cara berpakaian seorang muslim dan muslimah, bagaimana selayaknya pergaulan seorang muslim  kepada seorang muslimah dan begitu pula sebaliknya. Sungguh ironis, saat ini  semua itu sudah mulai hilang dari kamus para remaja. Kebanyakan remaja saat ini telah mulai meninggalkan nilai-nilai keislaman yang menjadi pilar-pilar dalam menjakankan kehidupan di dunia ini. 
Remaja kita telah menyerap budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya-budaya islami. Bagaimana pola kehidupan para remaja saat ini telah banyak yang mengikuti budaya kebarat-baratan, yang notabenya sangat kontras bila dibandingkan dengan syariat-syariat islam pada kenyataanya 
Para pelajar setingkat Mahasiswa, SMA, dan bahkan setingkat SMP pada umumnya telah mengenal pergaulan bebas. Pada awalnya mereka hanya terpengaruh oleh maraknya ‘tren’  pacaran yang selalu diagungkan kebanyakan remaja saat sini. Padahal jikalau kita menoleh pada sejarah islam pada zaman Rasulullah ketika itu, tidak ada yang namanya  istilah ‘pacaran’. Lalu apa saja tindakan-tindakan yang biasa dilakukan kebanyakan remaja yang sedang berpacaran?
 Kecintaan seseorang remaja terhadap  pacarnya biasanya cenderung berlebihan. Hal itu terbukti dengan bahasa  yang digunakan seorang yang berpacaran, baik itu bahasa yang digunakan dalam pesan singkat maupun pada saat berbicara lewat ponsel. Pacaran hampir bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari pergaulan bebas karena keduanya memiliki konsep yang sama. Sering kali bahasa yang digunakan dalam pacaran dapat melebihi suatu hubungan ikatan pernikahan. Banyak diantara mereka telah tertipu oleh kesenagan nafsu sesaat yang pada akhirnya dapat membawa kepada jurang kehancuran. Seperti yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, “Kecintaanmu kepada sesuatu bisa membuat buta dan tuli.” (HR. Ahmad). Oleh karena itu, dalam masa pacaran, siswa hendaknya diberi pengarahan tentang idealisme dan kenyataan. Siswa hendaknya ditumbuhkan kesadaran bahwa kenyataan sering tidak seperti harapan kita, sebaliknya harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Demikian pula dengan pacaran. Keindahan dan kehangatan masa pacaran sesungguhnya tidak akan terus berlangsung selamanya.
Budaya-budaya yang datang dari luar dan tidak sesuai dengan budaya bangsa kita semakin menggerus jati diri bangsa. Kita juga merasakan akhir-akhir ini prilaku remaja kita semakin parah dan kian menghawatirkan saja. Dewasa ini sering  kita jumpai remaja  yang memiliki pola hidup tidak sesuai dengan nilai-nilai keislaman yang dibawa oleh baginda Rasuluulah S.a.w. Pada umumnya, remaja semakin tertarik dengan  pola hidup hedonisme yang dianut oleh orang-orang barat, yaitu kecintaan yang sangat terhadap dunia fana ini. Mereka hanya menginginkan kenikmatan-kenikmatan sesaat hidup di dunia ini. Betapa tidak, banyak diantara masa muda mulai dari cara berpakaian yang mengikuti trend yang cenderung mempertontonkan aurat, pergaulan bebas, ‘pacaran’, tawuran, minum minuman keras, menonton gambar/video yang tak patut ditonton, berjudi, narkoba, balapan liar, dan tindakan kriminal lainya. 
Kita sebagi seorang muslim tentunya merasa prihatin dengan keadaan generasi muda yang semacam itu.  Untuk itu kita harus berjuang keras untuk selalu amar makruf nahi mungkar. Allah berfirman: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS an-Nahl [16]: 125). “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim” (QS Fushshilat [41]: 33). Kita dapat memulai dari diri sendiri yaitu untuk terus selalau berada dalam korodor-koridor agama Islam dalam hidup ini. Kemudian dari pada itu dalam menyikapi para  remaja sekarang hendaklah  tidak bersikap otoriter dalam mengambil keputusan. Akan tetapi  menyikapi dengan penuh kehati-hatian dan kebijaksanaan.
Memberikan batasan-batasan terhadap para pelajar hendaklah tidak bersikap mengekang dan mengurangi daya kreatifitas mereka. Akan tetapi dapat dilakukan dengan cara memberikan wadah untuk kreatifitas mereka. Hal tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan-kegiatas ekstrakurikuler yang ada di sekolah-sekolah; seperti olahraga, pramuka, kegiatan positif lainya. Disamping itu pendidikan keagamaan harus selalu menjadi kebutuhan para pelajar, khususnya pada sekolah-sekolah umum yang bukan berbasis agama. 
Seperti halnya diatas, bahwa setiap sekolah atau instansi pendidikan hendaknya tidak hanya melaksanakan pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) semata, tetapi juga melaksanakan pendidikan dan penguatan iman dan taqwa ( imtaq ) tehadap para siswa. Iptek, bagaimana agar para siswa menyikapi kemajuan-kemajuan iptek yang sangat pesat dewasa ini. Misalnya  saja internet, siswa diajarkan untuk dapat menggunakan dengan penuh kebijaksanaan, karena internet itu ibarat kata adalah pisau bermata dua, dapat bermanfaat tetapi juga dapat berbahaya. Imtaq, para siswa sudah seharusnya mendapatkan  pendidikan imtaq. Dengan demikian, maka siswa akan mempunyai nilai-nilai religiusme dalam jiwa dan menjadi pribadi yang mempunyai jiwa ruhaniyah dan akhlaqiyah yang baik. 
Kedua hal tersebut tidak sekedar menjadi visi dari suatu instansi pendidikan yang masih mengambang untuk dicapai, namun sudah selayaknya harus diterapkan dengan sungguh-sungguh dalam lingkup keseharian. Pendidikan iptek dan imtaq keduanya saling menguatkan untuk membentuk pribadi remaja masa kini  menjadi insan yang bermoral, berkepribadian Islami, berkeadaban, serta mempunyai integritas yang tinggi terhadap kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Dalam firman-Nya, Allah mengatakan: “…Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS al-Muj?dalah [58]: 11)
Yang tak kalah pentingnya bagi para pelajar adalah pendidikan tentang seks. Pendidikan seks harus betul-betul ditanamkan kepada para siswa karena itu sngat penting sekali. Pada kenyataanya Pendidikan seks di kalangan masyarakat kita masih dianggap sebagai sesuatu yang masih tabu. Berdasarkan pengamatan, banyaknya remaja yang terjebak seks bebas dikarenakan mereka belum mengetahui tentang seks. Seks itu bukan hanya berhungan intim saja. Tapi, banyak sekali daintaranya; bagaimana merawat organ vital, mencegah HIV dan lainnya. Pendidikan seks juga  disampaikan dengan mengacu pada pondasi-pondasi agama islam. Misalnya saja Bagaimana sepatutunya pergaulan remaja muslim dan muslimah menurut syariah, bagaimana hukum seks bebas dalam islam, dsb.
Semua hal diatas merupakan usaha-usaha yang harus dilakukan dan didukung oleh banyak pihak. Terutama instansi pendidikan, orang tua para remaja, dan lingkungan pergaulan masyarakat. Sepatutunya semuanya memberikan pendidikan-pendidikan dan pengawasan-pengawasan berdasarkan tingkat otoritas masing-masing. Dan pada akhirnya kita semua dapat memberikan peran yang nyata dan betul-betul bermanfaat untuk menciptakan peradaban manusia yang dinamis, modern, religious, dan berakhlak mulia, terutama pada remaja sekarang. 

4 komentar:

  1. A Assalam, tolong bantu blog Adik ya? Bagaimana bisa belajar menjadi seperti punya Kakak ini, isinya menyentuh, desainnya indah. Saling follow juga ya, saya suka hampir keseluruhan posting Kakak. Saya tunggu follow ya! www.siteislami.co.cc


    Assalam, please help my blog? How could learn to be like a you is, it wonderful, the design is beautiful. Follow each other so well, I like almost all the posts brother. I wait for your follow! www.siteislami.co.cc

    BalasHapus
  2. waalaikumsalam,ya makasih. Kalau masalah isi ya diisi sesuai kreativitas aja, kan masing-masing pribadi berbeda. Kalau desainya itu kan sederhana juga, gak terlalu 'wah' kok.. coba kamu klik pengaturan akun, terus kamu pilih rancangan. sebetulnya aku juga gak terlalu pinter tentang blog kok. cuman nyoba-nyoba aja, karena waktu itu abis ikutan seminar tentang blog jadi langsung tertarik. punya kamu itu bagus kok,ada musiknya juga tuh.. kurang gimanaya?

    BalasHapus
  3. hemmm artikel yg dpt d jdikan pencerahan nii,,,gOod idea shOb,,!!!

    BalasHapus
  4. Tsani> ya semoga saja. terimakasih udah mampir,, tapi maaf ya kalau gak dikasih minum.. hehe..

    BalasHapus

Share it